Lirik Cublak Cublak Suweng - Lagu Daerah

Cublak-cublak Suweng adalah salah satu permainan disertai lagu pengiring yang dinyanyikan, ternyata syarat akan makna yang mendalam
Lirik Cublak Cublak Suweng - Lagu Daerah

Judul Lirik : Lirik Cublak Cublak Suweng - Lagu Daerah
Pencipta Lagu : //
Kategori Album : Daerah Jawa Timur

Lirik Cublak Cublak Suweng merupakan Lagu Daerah yang berasal dari daerah Jawa Timur, juga lagu ini banyak digunakan sebagai salah satu permainan tradisonal Jawa. Lagu ini juga sering dijadikan permainan anak-anak. "Cublak-Cublak Suweng" ternyata syarat akan makna yang mendalam, Sunan Giri memang sengaja menulis lagu ini untuk menjadi filsafat hidup yang akan berguna bagi masyarakan Jawa khususnya anak-anak.
Baca Juga : Lirik Lagu Sapu Nyere Pegat Simpay - Fanny Sabila
Dalam permainan ini yang diawali dengan hompimpa atau gambrengan untuk menentukan siapa yang kalah pertama kali. Setalah itu ia yang kalah akan berperan menjadi Pak Empo, kerikil dan dipindah dari telapak tangan satu ke telapak tangan lainnya, yang berbaring terlungkup ditengah dan anak-anak yang lain akan duduk melinkarinya, bBerikut cuplikan liriknya.

Lirik Cublak Cublak Suweng Lagu Daerah
Lirik Cublak Cublak Suweng Lagu Daerah

Berikut Cuplikan : Lirik Lagu Daerah Cublak Cublak Suweng


Cublak cublak suweng

Suwenge teng gelenter

Mambu ketundhung gudèl

Tak gento lela lelo

Sapa ngguyu ndele' ake

Sir sir pong dele bodong

Sir sir pong dele bodong

Makna Artinya


Cublak Suweng = tempat Suweng. Suweng adalah anting perhiasan wanita Jawa. Jadi, Cublak-cublak suweng, artinya ada tempat harta berharga, yaitu Suweng (Suwung, Sepi, Sejati) atau Harta Sejati.
disclaimer :
Blog ini hanya menampilkan lirik lagu dan informasi terkait darinya. Kami TIDAK membagikan link download mp3 dari lagu tersebut.